XGZ™

make simple

6/06/2008

Menghilangkan Kebiasaan Merokok Dengan Game

Posted by eXGamerZ |

Beberapa waktu lalu gue mencoba untuk berhenti merokok, dari artikel-artikel yang saya pernah baca ada yang menyarankan untuk main game supaya kebiasan merokoknya berkurang, tapi gue liat disitu hanya tertulis kata "GAME", padahal gue tuh selalu maen game, tapi kebiasaan merokok gue masih tinggi.

Lihat saja teman-teman gue sesama gamer, Benny misalnya, dia setiap maen game online bareng gue tuh selalu saja sambil merokok, begitupun juga gue..., mungkin saja gue bisa tidak merokok sambil maen game bila dalam ruangan tersebut terpasang AC (Pendingin Ruangan) dan diterapkannya ketentuan dilarang merokok didalam ruangan tersebut.

Akan tetapi mungkin walaupun sudah diterapkan aturan seperti tersebut diatas pasti gue atau siapapun pasti akan merasa boring (bosan), terlebih jika kita memainkan game online dan level tidak naik.

Kemarin gue dapat pembelajaran dari apa yang pernah gue lakukan beberapa waktu yang lalu, gue mencoba untuk mengurangi merokok dengan memainkan game, tapi bukan game online atau PC yang gue maksud. Gue disini mencoba untuk memainkan game handheld (game dengan console yang bisa dibawa kemana-mana atau portable, seperti GBA, NDS ataupun PSP). Bandingkan saja jika kamu-kamu maen game online atau PC dengan kamu memainkan game handheld, jika kamu maen game PC pasti kedua tangan kamu masih bisa bergerak kemana-mana, apalagi ditambah dengan rokok pasti akan membuat betah kamu di depan kompie (PC), tapi kalau maen game handheld pasti kedua tangan mata dan berikut jari jari kamu terus tertuju ke console dan mata kamu tak akan pernah ingin untuk melihat yang yang lain selain melihat layar LCD yang kecil, sampai mungkin mata kamu akan menjadi bengkak, ditambah lagi jika game yang kamu mainkan lagi seru-serunya atau lagi asik untuk memainkannya, semuanya bisa lupa, lupa merokoklah (sebenarnya bukan lupa, tapi tak akan enak maen game handheld sambil merokok, selain tangan kamu tidak akan bebas karena harus memegang batang rokok, kamu akan malas juga untuk mem-pause game yg sedang dimainkan), lupa makanlah sampai kadang-kadang sampai lupa waktu.

Kalau sudah begini jadinya bukan kecanduan rokok lagi, tapi sudah kecanduan game. Jadi menurut gue, game itu bisa membuat kita untuk berhenti kecanduan rokok, tapi berbuntut juga untuk menjadikan kita menjadi kecanduan akan game.

Efek dari kecanduan rokok mungkin kamu-kamu sudah tahu, karena sudah jelas tertulis di bungkus rokok, tapi apakah efek dari kecanduan game khususnya handheld kamu sudah tahu? dari yang pernah gue rasain sih efeknya Lupa makan, lupa waktu, bahkan hampir lupa segalanya (beruntung tidak gila), dari semuanya efek yang gue derita sampai badan saya sakit dan mata bengkak tapi kantong jadi tebal ('coz jadi ga beli rokok lagi + jarang jajan) :P, beruntung tidak sampai parah sakitnya, gue sakit karena lupa waktu karena maen game, yang seharusnya jam 00:00 gue sudah tidur, tapi karena keasyikan maen game jadinya tidur jam 03:00. Pesan gue klo misalnya mau tidur jauhkan gadget dari tempat tidur, letakkan gadget kamu ditempat yang tersembunyi biar kalau ke-ingetan kamu-kamu malas buat mengambilnya.

1 comments:

Anonymous said...

Lah, lha kalau gitu sama saja dong mas, keluar dari mulut buaya justru masuk mulut singa :D

Post a Comment

Subscribe